Hideaki Joshua Swastika

Ini tentang anak cowok saya satu-satunya. Hideaki Joshua Swastika, yang biasa kami panggil Hide. Usianya 8 tahun di tahun 2020 ini. Bulan ini, karena masih dalam masa pandemi, jadi nggak bisa belajar di sekolah. Hari pertama sekolah di kelas 2 SD, yang seharusnya tanggal 13 Juli ini, jadi dilakukan di rumah.

Sudah kelas 2 SD.

Lahirnya waktu saya masih jadi mahasiswa doktoral di Jepang, tahun 2012. Tahun pertama sebagai mahasiswa Doktor. 


Pertama kali punya anak, di luar negeri pula. Ada kebanggaan kami sebagai orang tua bisa melahirkan anak di Jepang, sehingga kami memberi nama Jepang. Masa-masa membesarkannya hingga usia 3 tahun di Jepang adalah masa yang penuh cerita.

Sekarang Hide sudah berusia 8 tahun. Sudah sebesar ini.



So far saya mengamati semuanya baik. Dari sisi akademis, cukup pintar (at least pintar sesuai standard saya). Membaca bacaan dalam Bahasa Indonesia sudah lancar. Untuk bacaan dalam Bahasa Inggris juga lancar (dibandingkan dengan saya dulu pas 2 SD). Kalau pronunciation masih sangat medok khas Jawa. Nggak papa, yang penting bisa dipahami. Ini salah satu video presentasinya dalam Bahasa Inggris.


Hide ini tipikal anak yang cekatan. Kalau makan cepat selesai - dan bersih, juga kalau ngerjakan sesuatu  segera diselesaikan - tidak suka meninggalkan kerjaan atau menunda-nunda. Suka sekali nonton film. Selama liburan (atau selama belajar di rumah), sehabis makan malam, pasti pengen nonton film. Hampir semua film animasi disney tahun 2012 ke atas sudah pernah ditonton seperti Dumbo, Toy Story 1-4, Ice Age 1-4, Wonder Park, Frozen 1-2, Finding Nemo, Finding Dory, Incredibles, Aladdin, Monster University... Sebut aja film disney atau family movie, pasti dia tahu. Dan selama nonton film durasi 90 menit, dia benar-benar fokus, tidak pernah ketiduran (beda sama adiknya, yang sering kali di tengah-tengah nonton, ditinggal jalan atau melakukan yang lain, atau malah ketiduran). Btw, kami di rumah ada akses VOD (Video On Demand) yang ada koleksi film-nya lengkap selengkap-lengkapnya. 

Untuk gadget, seperti anak-anak lainnya. Pinginnya main gadget terus. Kami membatasi 1 minggu 1x, biasanya hari Jumat, dengan durasi 15 menit - yang kadang juga lewat sampai 30 menit. Yang biasa dimainkan game Race off (Hotwheels) - yang saya amati, dia juga cukup terampil memainkannya sampai level-level tinggi.

I'm so proud of him.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Charis National Academy (2)

Mengurus Visa Korea di Jepang

Day care di Jepang dan keadilan sosial