HOROR!

Tempat kerja itu sejatinya harus membuat siapapun yang di dalamnya merasa nyaman.

Perlakuan tertentu di tempat kerja bisa jadi membuat orang lain merasa nyaman, tapi tidak bisa disamaratakan. Dengan perlakuan yang sama, pegawai A bisa nyaman, tapi bisa menjadi sesuatu yang horor bagi pegawai B. 

Kalau perlakuan ini hanya semacam preferensi (bukan sesuatu yang esensial), ada baiknya tidak disamaratakan. Dibuat opsional - yang suka ya monggo, yang nggak suka, ya gak usah dipaksa suka. Toh karena ini preferensi (bukan aturan ketat yang harus dijalankan), kalau tidak dijalankan juga nggak akan membuat perusahaan bangkrut.

Ini salah satu contohnya, yang merupakan kejadian HOROR buat saya.

Ucapan selamat ulang tahun yang disebarkan ke se-jagad raya!!


... dan saya tidak bisa melakukan apa-apa untuk mencegah penyebarannya!

Buat saya, hari ulang tahun itu privasi. Semua ucapan selamat yang baik akan saya aminkan dan it'll be great if you do it in PRIVATE, not publicly.

Tidak perlu disebar-sebarkan karena itu sesuatu yang privasi buat saya. 
Sama horor-nya dengan orang gemuk yang kemudian disebar2kan berat badannya.
Sama horor-nya dengan wanita lajang yang kemudian diumumkan ke khalayak ramai berapa usianya.
Sama horor-nya dengan pegawai yang gaji per bulannya diberitahukan kepada para koleganya.

Itu kan cuman tanggal lahir? Kok sampai sehoror itu?
Ya sama juga, berat badan, usia, gaji kan cuman angka, kok jadi horor kalo disebar2kan?
Orang beda2. Saya nggak pernah horor kalo ada yang menyebarkan berat badan saya yang sejak 20 tahun lalu berkisar di antara 53-56Kg. Kalo saya nggak horor, kan bukan berarti orang lain jg sama. Berlaku juga sebaliknya.

Sayangnya perlakuan horor semacam ini BUKAN sesuatu yang opsional di tempat itu... "Kalau kamu anggota di sini, tidak ada pilihan lain selain hari ulang tahun kamu akan disebarkan ke SEMUA anggota, HUAHAHAHA....!!"

Saya bahkan belum kembali bekerja dan sudah dibuat nggak nyaman. Maksudnya baik, tapi malah bikin nggak nyaman saya.

Tempat kerja itu sejatinya harus membuat siapapun yang di dalamnya merasa nyaman.

-----
PS. hari ulang tahun saya BUKAN hari di mana posting ini di-publish.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Charis National Academy (2)

Mengurus Visa Korea di Jepang

Day care di Jepang dan keadilan sosial