Masa Pandemi Agustus 2021

 Ini cerita tentang perkembangan anak-anak saya, Hide, Megumi dan si kecil Shena. 

Yang sekolah masih sekolah daring full. Gak ada acara anter-jemput ke sekolah dan masih jarang keluar rumah.

Hide masuk usia 8 dan akan 9 tahun di September 2021 ini. Saat ini kelas 3 SD. Sejak kelas 2 SD sepertinya punya ketertarikan terhadap science. Saya pernah menjelaskan tentang gaya - gaya tarik dan gaya dorong - yang diukur dalam satuan Newton. Sejak saat ini, konsep tentang gaya menarik perhatiannya. Suka bertanya-tanya seputar gaya, "Mobil ini berapa newton gaya dorongnya?" atau "Kalau mendorong sepeda, butuh berapa newton?", atau "Kita kalau jatuh ketarik dengan gaya berapa newton?". 

Lalu juga tertarik dengan antariksa (planet, meteor, bintang) sejak sering nonton channel Youtube Sisi Terang. Sering penasaran dengan meteor jatuh, jarak antar planet, blackhole - dan kapan/bagaimana berakhirnya bumi. 

Masih suka nonton film - yang akhirnya menjadi agenda rutin. Film-film favorit yang ditonton berulang-ulang Incredibles, Ice Age, Ralph break the Internet. Dia sudah menonton semua film kartun Disney yang rilis di bioskop - dan karena sering nonton film-film itu, dia bahkan hafal nama pengisi suara dan penyanyi soundtrack di beberapa film.

Megumi sekarang kelas 2 SD, masuk usia 7 tahun. Yang saya surprise adalah perkembangan kemampuan bahasa Inggrisnya. Mungkin karena membaca subtitle di film masih kurang cepat, ia lebih mengandalkan suara untuk memahami alur cerita. Juga karena sering menonton serial Disney seperti Princess Sofia atau Peppa Pig - yang memang semuanya masih dalam bahasa Inggris tanpa di-dubbing. 

Kami bisa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris untuk 1 topik secara full. Dia bisa memahami apa yang saya ucapkan, dan bisa membalas dalam susunan kalimat dan pemilihan vocab yang benar. Kadang dia mengucapkan sesuatu yang saya tidak menyangka dia paham penggunaannya. Misalnya, suatu ketika dia melihat saya mengerjakan sesuatu dan saya kesulitan. Lalu dia mengucapkan, "Dad, it doesn't work!", saya bilang "Ok" dan saya coba cara lain yang nampaknya juga sulit. Dikomentari lagi, "It doesn't work either".

Si kecil Shena sekarang usia 2 tahun. Kalau dengar saya ngomong Inggris sama Megumi, dia sering  nyeletuk, "Thank you" dan menariknya kata "Thank you" itu hanya muncul kalau dia mendengarkan komunikasi dalam bahasa Inggris. Kalau malem, tidur bareng saya. Kadang digendong dulu, kadang juga tidur sendiri... Si kecil Shena ini yang jam tidurnya mirip saya - jam 9 atau 10 malem udah nguuantuk, dan pagi subuh sudah bangun. Kebalikan sama kakak-kakaknya, yang jam 9 atau 10 masih aktif, tapi baru dekat-dekat jam sekolah online baru bangun. 

Ini foto si kecil.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Charis National Academy (2)

Mengurus Visa Korea di Jepang

Day care di Jepang dan keadilan sosial