Minggu 24: (Mulai) Menulis Tesis

Saya hitung mundur. Kurang 24 minggu lagi jadwal wisuda.

Minggu ini saya mulai menulis tesis. Saya pernah menulis tesis untuk S2, yang menurut saya, masih kurang lebih seperti menulis skripsi S1. Hanya bahasa dan struktur penulisannya lebih baik. Tesis yang saya tulis waktu di S2 masih bekutat pada coding - yang seharusnya nggak perlu.

Tesis untuk S3 benar-benar lompatan besar dibandingkan dengan S2.

Lompatan besar karena Tesis harus difokuskan pada keterbaruan konsep yang telah ditemukan selama melakukan penelitian, hasil apa yang telah diperoleh - dan seberapa besar dampak yang diberikan terhadap kemajuan ilmu pengetahun di bidang yang telah diteliti. Latar belakang harus jelas - bukan diada-adakan. Metode meneliti juga harus detail, sehingga ketika ada peneliti lain yang melakukan metode yang sama, hasil yang didapat tetap sama. Artikel yang telah dipublikasikan di jurnal akan menjadi bagian dari Tesis.

Seharusnya saya senang karena bagi saya menulis Tesis tidaklah sesulit melakukan penelitian. Hanya tinggal menuliskan apa yang sudah ada. Tapi di bawah bimbingan seorang sensei yang perfeksionis, beliau bisa saja sewaktu-waktu meminta tambahan penelitian ini dan itu. Kalau sudah ditambah, maka Tesis harus dirombak - dan bakal melelahkan untuk melakukan tambahan penelitian dan merombak Tesis.

Akhir bulan ini, Tesis harus sudah kelar dan diserahkan ke sensei pembimbing untuk preliminary review. Semoga review-nya hanya yang remeh temeh yang tidak menyita waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Charis National Academy (2)

Mengurus Visa Korea di Jepang

Day care di Jepang dan keadilan sosial