'Ohana means family (1st year)

'Ohana means family, family means nobody gets left behind. Or forgotten. (Lilo and Sticth, 2002)

3 Juli 2010 tahun lalu, kami menikah - untuk pertama kalinya. Masing-masing dari kami nggak punya pengalaman seperti apa menikah itu. Melihat (bagaimana kehidupan pernikahan kedua orang tua) sudah. Tapi mengalami sendiri seperti apa menjadi suami dan seperti apa menjadi istri, belum.

Setiap hari menjadi hari pembelajaran. Menjadi hari untuk lebih menerima dan adjust.

Senang menjalani kehidupan pernikahan? Ya, senang. Saya bahagia.

Loh, bukannya dengan menikah saya jadi kehilangan (1) kebebasan untuk kelayapan ke mana pun yang saya mau dan pulang jam berapa pun yang saya suka? (2) kebebasan untuk memakai uang seenak udel dan memberi kepada siapapun yang saya mau? (3) kebebasan untuk melakukan apa pun yang saya suka, seperti internet-an seharian penuh, nonton film, menulis apapun, baca buku/belajar sampe dini hari dalam suasana tenang?

Iya, hilang.

Tapi sudah digantikan dengan sesuatu yang lebih berarti, lebih indah, lebih bermakna ketimbang semua kebebasan itu. Nama pengganti untuk semuanya itu: cinta. Mencintai dan dicintai. That's what marriage is all about.




Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia (Rm 8:28)

Komentar

  1. Happy 1st anniversary, Pak Win ^_^

    BalasHapus
  2. Thanks Bu Monika... :) Moga bisa cepet ngerayain juga ya... *loh?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Charis National Academy (2)

Mengurus Visa Korea di Jepang

Day care di Jepang dan keadilan sosial