Wednesday, October 12, 2011

Going to Chicago

Not a really good time for blogging, tough.... but I blog anyway.

Hal apa yang menyenangkan bagi seorang saintis? Buat saya, hal yang menyenangkan ketika hasil penelitiannya diakui oleh komunitas ilmuwan di bidang yang sama. Dapet pengakuan bahwa memang hasil penelitian tersebut penting, berguna, dan perlu disebarkan agar dapat disitasi (atau dipakai sebagai landasan penelitian berikutnya). Dengan demikian, ilmu pengetahuan akan semakin berkembang dan semakin lengkap (walopun saya nggak yakin juga apa bisa manusia melengkapi seluruh ilmu pengetahuan yang ada).

Nah, beberapa bulan lalu (iya, sudah agak lama), saya dapet konfirmasi bahwa hasil penelitian kami (jamak, saya nggak berani mengklaim hasil penelitian "saya") diterima dan kami diundang untuk mempresentasikan di RSNA 2011 annual meeting bulan November mendatang yang kali ini diadakan di Chicago. RSNA kepanjangan dari Radiology Society of North America, atau komunitas radiolog amerika (walopun ada kata radio, tapi mereka bukan peneliti atau tukang servis radio). Radiolog mengacu pada radiologist - yaitu mereka yang memiliki spesialisasi untuk mendiagnosa atau memberikan treatment terhadap suatu penyakit berdasarkan citra medis (seperti X-Ray, CT-Scan atau MRI). Seneng juga, mereka (para radiolog Amerika itu) menganggap hasil penelitian kami cukup layak untuk dipresentasikan di acara tahunan mereka (yang akan dihadiri oleh ribuan peneliti, akademisi, radiolog, dokter dari lebih dari 100 negara - http://rsna2011.rsna.org). Awesome!

Lebih seneng lagi, ketika tau bahwa lab (atau kampus?) di tempat saya, cukup berduit untuk membiayai seluruh akomodasi di Chicago. Presentasinya cuman 30 menit, tapi karena international conference, tentu ada macem-macem workshop/kelas yang bisa diikuti pesertanya (plus jalan-jalan). Sensei pembimbing dengan sangat pengertian mengatakan, "I only stay for three days, but of course you can extend if you want to... This is a chance for you to see America." Tau aja Pak Sensei kalo saya baru pertama kali travelling ke Amerika. Jadilah saya akan stay selama 6 hari di Chicago dari 28 Nov sampai 3 Des, dari hari Senin sampai Sabtu. Hari Kamis, conference sudah berakhir, dan hari Jumat-nya saya bisa bebas berpetualang di Chicago.

So excited! Dulu nggak pernah kebayang bisa jalan2 ke Chicago. Dibayarin pula.


2 comments:

  1. waawww....mantap Pak!! bisa ada kesempatan presentasi ke Amrik is really shugoi...!!

    boleh tau penelitiannya Pak Win ttg apa sih Pak?? kalo di bidang radiologi, apa nanti bisa jadi dokter radiologi...?? hehehe!! *kidding*

    ReplyDelete
  2. Hehe2... penelitiannya tentang pengolahan citra medis untuk diagnosa/treatment penyakit. yang dipresentasikan itu fokus ke pemodelan gerakan pernafasan, tujuannya agar pas treatment radioteraphy, sinar-nya nggak nyasar ke sel-sel yang sehat. *beribet nih bahasanya... :)

    ReplyDelete