Dealing with uncertainties

Having a baby simply means dealing with uncertainties. Banyak hal yang tidak dapat dipastikan. Tidak bisa dipastikan kapan baby akan BAK dan BAB. Mau BAB ya BAB aja. Gak peduli papa mamanya lagi tidur, lagi makan, lagi mandi... bisa anytime. Juga tidak bisa dijadwalkan kapan harus diberi susu. Kalau lapar ya nangis minta diberi susu, bisa pagi hari, bisa siang hari atau subuh... Kapan aja sesuai dengan nalurinya. Abis diberi susu, suka-sukanya sendiri, mau melek atau tidur atau terus pipis.

Uncertainties.

Bagi papa mama yang sudah life-rythm-nya sudah settle sebelum baby lahir, pasti ngerasakan seperti naik roller-coaster setelah kelahiran baby. Tiba-tiba semua berubah. Dari jalan datar, tiba-tiba naik, turun dengan drastis, berkelok dengan kecepatan tinggi, lalu datar beberapa saat sebelum berputar 360 derajat...

Seru.

Baby Shena tepat berusia 7 minggu.

Kepala sudah mulai diangkat dan sudah lebih sering digendong dengan posisi kepala di pundak yang gendong. Imunisasi terakhir yang diberikan adalah BCG yang diberikan lewat dokter di RSIA Mardi Waloeja, Kauman. Ada biaya dokter dan tindakan medis yang menghabiskan biaya sekitar 300K (semestinya bisa gratis kalau dilakukan di Puskesma atau Posyandu). ASI eksklusif masih tetap diberikan dengan pertimbangan ASI eksklusif lebih sehat ketimbang dicampur susu formula.

Here's the snapshot of her pic.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Charis National Academy (2)

Mengurus Visa Korea di Jepang

Day care di Jepang dan keadilan sosial