Undangan menjadi reviewer

Hari ini saya dapat email dari salah satu jurnal internasional yang sangat bergengsi, Journal of Biomechanics-nya Elsevier. Jurnal yang terkenal ketat dalam mereview paper yang masuk.

Saya diundang untuk me-review salah satu manuscript yang diterima oleh mereka. Hasil review ini akan dipertimbangkan apakah manuscript tersebut akan dipublish atau tidak.

Saya nggak tau bagaimana ceritanya bisa sampai diminta untuk me-review manuscript di jurnal bergengsi ini. Kemungkinan besar, mereka telah "mengamati" hasil penelitian yang telah saya publikasi. Mungkin juga rekam jajak penelitian saya (publikasi jurnal dan prosiding) telah masuk dalam database mereka. Saya yakin, undangan mereview manuscript ini hal yang sangat biasa bagi para peneliti atau guru besar. Tapi bagi saya, ini salah moment yang berharga dalam perjalanan saya sebagai mahasiswa doktor.


Saya nggak terlalu pede untuk mereview manuscript tersebut. Saya memilih untuk mengklik link "If you are unable, please click..."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Charis National Academy (2)

Mengurus Visa Korea di Jepang

Day care di Jepang dan keadilan sosial