Friday, September 13, 2013

Happy Bday, Hide-kun (one year journey)

Jadi, dari ribuan tahun peradaban manusia, kemungkinan dari sinilah asal muasal ucapan selamat ulang tahun...

Dari sekian ratus juta sel sperma, ia satu-satunya yang berhasil menembus sel telur lalu membuahinya. Reaksi kimia yang kompleks terjadi, membentuk serangkaian DNA yang belum pernah ada sepanjang sejarah manusia - dan tidak akan pernah ada lagi. Seorang pribadi sedang dibentuk di rahim seorang ibu. Dari rahim itu pula, supply makanan diberikan lewat plasenta - selama 9 bulan... tidak satupun teknologi kedokteran buatan manusia yang dapat memberikan life support untuk nyawa manusia secanggih sistem di rahim seorang ibu yang memberikan life support untuk anaknya.

Terlahir dan mulai menghirup udara. Merasakan suhu yang berubah-ubah. Mendengar suara. Melihat objek di sekelilingnya. Makanan mulai masuk lewat mulut dan mengalami metabolisme.

Satu bulan dilewati. Dua bulan, tiga bulan... Hingga satu tahun.

Setelah satu tahun ada di dunia ini - dengan sehat, tentu itu sesuatu yang patut disyukuri. Patut diberikan ucapan selamat.

Selamat ulang tahun Hide-kun.

4 September 2013
-----------

Selama satu tahun terakhir ini, kami ditemani anggota baru keluarga, Hideaki Joshua Swastika... Part of our family. Mengganti popok, terbangun di pagi buta karena mendengar tangisan, memandikan di pagi hari, mengawasi saat ia merangkak, berdiri dan berjalan, menyiapkan makanan, menidurkan, menggendong saat ia rewel menjadi aktivitas baru kami.

Melelahkan. Tidak ada orang tua yang bisa dititipi agar kami bisa beristirahat sejenak. Tidak ada juga pembantu yang bisa diminta bantuan untuk mengganti popok, menyiapkan makanan atau membersihkan rumah.

Tapi kami tahu bahwa itu semua harus dilalui saat ini. Akan ada waktunya popok tidak lagi dipakai. Akan ada waktunya tangisan tengah malam karena lapar tidak lagi terdengar. Akan ada waktunya kami tidak lagi bisa menimang-nimang agar dia dapat segera tertidur.

Selagi kami harus melewati itu semua, kami akan menikmatinya (sehingga tidak menyesal ketika masa-masa tersebut sudah lewat).

Selama setahun ini, setiap hari kami mengambil foto Hide dari sejak hari pertama lahir sampai sekarang. Kami bisa melihat perkembangannya hari demi demi hari...  Saya kompilasi foto-foto tersebut menjadi video... It's amazing seeing a baby grows day-by-day, especially if it's your own child...







2 comments:

  1. Seneng lihatnya pak... secara me and my hubby tdk melakukannya seintens bapak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks bubu...:) mungkin karena anak pertama, orang jawa bilang "kemaruk"... hehe2.

      Delete