Wednesday, July 3, 2013

'Ohana means family (3rd year)

'Ohana means family, family means nobody gets left behind. Or forgotten. (Lilo and Sticth, 2002)

Tahun ketiga pernikahan kami dan dalam kedaulatan-Nya, Tuhan berkenan untuk menitipkan seorang anak di keluarga kami. Kami menamainya Hideaki Joshua Swastika (Hide). Saya dan istri punya tanggung jawab baru, yaitu menjaga, mendidik, dan merawat sebaik-baiknya apa yang sudah Tuhan percayakan kepada kami.

Tanggung jawab yang baru ini membuat kami belajar dan mengalami banyak hal baru. Hal-hal yang sebelumnya belum pernah kami alami - atau tidak akan pernah kami alami seandainya Hideaki tidak terlahir.
  • Kami sudah lupa bagaimana rasanya tidur 5 jam non-stop tanpa terbangun karena tangisan Hide.  Usia Hide sudah hampir 10 bulan dan masih minum ASI. Tiap 2 jam (atau kapanpun saat Hide perlu minum ASI), dia akan nangis. Saat kami tidur, tangisan Hide akan membuat kami terbangun. Istri saya segera menyusuinya (dan saya kembali tertidur). 
  • Karena kami tinggal di Jepang, kami harus belajar bagaimana memperlakukan anak dengan "cara" yang sesuai dengan lingkungan di sini. Kami belajar bagaimana menghadapi cuaca dingin agar bayi bisa tetap nyaman. Bagaimana mengatasi udara yang terlalu lembab atau kering. Bagaimana prosedur imunisasi yang hampir tiap dua minggu sekali dilakukan di klinik terdekat. 
  • Tidak ada pembantu rumah tangga. You know what that means.
  • Di usia yang ke-7 bulan, untuk pertama kalinya Hide demam dan pilek. Seharusnya nggak perlu terlalu dikuatirkan kalau dalam 1 atau 2 hari bisa reda. Tapi ketika hari ke-3 masih belum juga membaik ditambah nggak mau makan - maka untuk pertama kalinya kami ke UGD dan berhadapan dengan prosedur pendaftaran pasien UGD di Jepang yang sangat-sangat tertatur dan memprioritaskan pasien. Kami banyak belajar hal baru di sana.
  • Siklus tidur Hide masih belum teratur.  Pagi dimandikan jam 8. Siang tidur 1-2 jam. Yang gawat kalau jam 7 atau 8 malam sudah tertidur. Dia akan bangun jam 10 atau jam 11 malam dalam keadaan segar bugar dan siap untuk bermain-main. Kami harus menemaninya bermain hingga jam 1-2 pagi...
Apapun yang kami alami, akan semakin mempersatukan kami sebagai satu keluarga... The Swastika Family.



Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia (Rm 8:28)

Past year:

No comments:

Post a Comment