Friday, June 28, 2013

[Eksploit Internet] Potensi Aplikasi Android

Boleh dibilang saya jadi "kecanduan" dengan konsep eksploit internet - bagaimana mendapatkan earning dari Internet. Menarik, karena kita bisa kerjakan dimana saja dan kapan saja. Nggak perlu ngantor, nggak perlu terikat dengan aturan perusahaan, dan earning-nya kita sendiri yang atur. Sudah ada lebih dari 5 model [Eksploit Internet] yang berbeda yg sudah saya jajaki dan bener-bener bisa mendapatkan earning.

Bulan ini, saya masuk ke ranah aplikasi Android - konsepnya sederhana, bikin aplikasi, lalu daftarkan aplikasi tersebut ke Google play. Bisa paid-app (aplikasi berbayar) bisa juga free-app (gratis). Saya menjajaki untuk yang free-app. Saya bikin aplikasi yang sederhana banget, yaitu mengkategorikan video di youtube sehingga user bisa lebih nyaman untuk menonton video. Contohnya bikin kategori video Spongebob, Teletubbies, atau Justin Beiber, atau apalah. Jadi saat aplikasi di-instal, user akan lebih enak menonton video di Youtube ketimbang browsing di web youtube. Ini contoh screenshot dari aplikasinya:



Bikinnya nggak lama... Kalo udah punya template-nya, nggak sampe satu jam udah jadi. Tinggal bikin description, icon, screenshot untuk di-daftarkan ke Google Play.

Pertanyaannya sekarang, kalo aplikasi itu gratis, gimana bisa dapetkan earning?

Gampang. Pasang iklan di aplikasinya. Saya menjajaki iklan AdMob yang memang khusus memasang iklan untuk aplikasi mobile. Si AdMob akan membayar kita untuk setiap view dan klik iklan yang muncul di aplikasi kita. Logikanya, jika aplikasi itu diinstall dan ditonton banyak orang, maka jumlah view atau klik iklan juga semakin banyak - sehingga earning juga akan semakin besar.

Dari satu aplikasi (yang sudah berjalan seminggu) earning yang bisa saya dapatkan $8.23 (and counting).


Nggak banyak, tapi ini auto-pilot, artinya sekali bikin, set and forget. Dibiarkan gitu aja... Tentu sangat mungkin untuk di-upscale, misal bikin 100 apps. Kalo tiap app menghasilkan $8 tiap minggu, maka dalam seminggu, bisa earning $800. Sangat mungkin... (anyway, ada cost untuk daftar di Google play sebagai developer, yaitu $25 / tahun - ini syarat agar kita bisa mendaftarkan app di Google Play).

Kuatlitas app juga akan mempengaruhi jumlah download. Kalau mau mencurahkan waktu untuk bikin app yang berkualitas, saya yakin juga hasilnya nggak akan cmn $8 per minggu. Bisa ratusan!

Nah, untuk yang seneng dengan programming, saya strongly suggest untuk "bermain-main" (atau serius) di Android programming.

[Call for partner bagi yang bisa programming Android!]

Eksploit Internet series:
Februari 2013: [Eksploit Internet] KDP rocks!
Maret 2013: [Eksploit Internet] Menjajaki aplikasi Android
April 2013: [Eksploit Internet] First attempt, Clickbank
Mei 2013: [Eksploit Internet] Affiliate untuk Amazon Jepang
Juni 2013: [Eksploit Internet] Amazon.com, pertarungan yang sebenarnya!

1 comment: