Sunday, June 16, 2013

[Eksploit Internet] Amazon.com, pertarungan yang sebenarnya!

Saya masih belum bosan untuk bereksperimen meng-eksploit internet. Setelah menjajaki Amazon.co.jp bulan lalu, minggu lalu, saya mencoba untuk menjajaki Amazon.com - yang saya istilahkan sebagai "pertarungan yang sebenarnya" dalam meng-eksploit internet.

Saya sebut sebagai "pertarungan yang sebenarnya" karena di sinilah para internet marketer dari seluruh dunia berkompetisi untuk mendapatkan earning. Persaingan benar-benar SELURUH DUNIA. Beda dengan  internet marketer untuk Amazon.co.jp yang cenderung sedikit karena susahnya mendapatkan approval affiliate.

Sebenarnya, tahun lalu (ketika masih lugu di eksploit internet), saya pernah mencoba menjadi affiliate di Amazon.com dengan cara: (1) Membuat website, (2) Mereview produk yang di-target di website tersebut, (3) dan membiarkan begitu saja website tersebut, lalu berharap ada yang nyasar ke website tersebut dan membeli produk lewat link afiliasi yang ada di website yang saya buat. It doesn't work that way. Saya terlalu naif waktu itu.

Kali ini, saya mencoba untuk menawarkan produk amazon.com lewat teknik PPC (pay-per-click). PPC artinya pemasang iklan membuat teks iklan, lalu memasang teks iklan tersebut di web yang traffic-nya sangat padat. Pemasang iklan harus membayar ketika ada yang mengklik iklan tersebut - itu sebabnya disebut Pay per click. Klik iklan akan diarahkan ke sebuah landing page yang berisi review dari produk yang dipromosikan. Harapannya, setelah melihat review produk tersebut, si calon pembeli membeli produk tersebut lewat link afiliasi yang telah disiapkan di landing page.

Does it work? Yeah, so far. Intinya, produk yang dipromokan haruslah produk yang harganya cukup tinggi agar untuk setiap sale yang terjadi, komisi yang didapatkan dapat meng-cover biaya PPC. Ini adalah earning yang saya dapatkan sejak menjajaki teknik PPC ini.


Berapa harga satu buah klik? Bervariasi tergantung dari kata kunci yang dibidik. Semakin populer suatu kata kunci, cost PPC-nya juga semakin tinggi. Umumnya saya mengambil cost PPC sebesar $0.1-0.3. Artinya untuk setiap 100 klik, saya harus membayar sebesar $10-$30. Harga itu harus di-cover oleh komisi yang didapatkan.

Agar tidak terjebak dengan "efek judi", biaya PPC saya ambil dari royalti Kindle yang saya dapatkan tiap bulan. Jadi nothing to lose... and it was fun!

Potensi earning dari model eksploit internet semacam akan berbanding lurus dengan banyak produknya yang dipromosikan. Semakin banyak produk, semakin besar potensi earningnya. Perkiraan saya $1000-$3000 US bisa didapatkan dengan budget iklan sekitar $400-700.

Anyway, jangan heran kalau tiba-tiba posting di bawah label [Eksploit Internet] menghilang. Saya berpikir untuk memindahkan di web khusus yang memang membahas tentang Eksploit internet.

--------------
Eksploit Internet series:
Februari 2013: [Eksploit Internet] KDP rocks!
Maret 2013: [Eksploit Internet] Menjajaki aplikasi Android
April 2013: [Eksploit Internet] First attempt, Clickbank
Mei 2013: [Eksploit Internet] Affiliate untuk Amazon Jepang


1 comment:

  1. ditunggu link "memindahkan di web khusus yang memang membahas tentang Eksploit internet" nya :D

    ReplyDelete