Thursday, April 18, 2013

[Eksploit Internet] First attempt, Clickbank

Bagi Internet Marketer dunia, Clickbank.com bukanlah mainan baru.
Bagi saya, ini salah satu metode eksploit internet yang menarik-tapi-beresiko.

** Warning: posting kali ini, TIDAK untuk dicoba2 terutama kalau belum punya pengalaman internet marketing **

Konsepnya begini.
Di Clickbank ada ratusan produk digital (kebanyakan berupa ebook) yang topiknya macam-macam. Mulai dari bagaimana mengatasi selulit, produk game simulasi pesawat, bagaimana belajar bahasa asing, woodworking plan, tips fotografi... apapun, you mention it. Produk-produk digital itu semuanya dijual, mulai dari harga $10 sampai ratusan dolar. Umumnya satu produk di kisaran harga $30-$50.

Para internet marketer berlomba-lomba memasarkan produk di Clickbank karena komisi penjualannya sangat menguntungkan, yaitu di atas 50%. Artinya, kalau berhasil menjual sebuah produk $50, maka komisi yang didapat setidaknya $25.

Emang produk-produk itu bisa laku?

Kalau dipikir dengan kerangka pikir orang Indonesia, pasti nggak masuk akal. Ngapain repot-repot beli produk digital seharga $50? Cari aja bajakannya. Beda dengan orang bule yang sangat menghargai produk-produk semacam itu. Mereka sama sekali nggak keberatan untuk beli produk digital selama produk tersebut memang memecahkan masalah yang mereka hadapi. Kalo produk-nya nggak berkualitas, mereka akan me-refund produk tersebut.

Saya kenal dengan beberapa marketer Indonesia yang bermain di Clickbank dan bisa mendapatkan komisi  ratusan $ sehari (atau +/- menjual minimal 5 produk). Iya, dalam SEHARI! - bukan hanya satu atau dua orang... puluhan!

Jadi, bulan lalu saya mencoba menjajaki menjadi internet marketer untuk memasarkan produk Clickbank. Saya melakukan research terlebih dulu tentang model bisnis clickbank ini, produk-produk yang ditawarkan serta bagaimana cara efektif memasarkan produk clickbank. I spent hours before I finally found a "worth-trying-method".

Inti dari memasarkan produk adalah mencari targeted customer. Kalo mau jualan produk tips/trik fotografi, maka targeted customer-nya adalah para penggemar fotografi. Kalo jualan produk mengatasi selulit, maka targeted customer-nya adalah ibu-ibu di atas 40 tahun. Pertanyaan-nya, di mana saya kita menemukan banyak targeted customer untuk mempromosikan produk digital?

Facebook!

Iya. Pengguna facebook ada 1 miliar lebih. Pasti tidak sulit untuk mencari targeted customer di facebook. Dan facebook-pun dengan senang hati membuat layanan FB Ads (yang muncul di sebelah kanan newsfeed). Tentu memasang iklan di FB Ads nggak gratis. Berbayar berdasarkan klik per iklan atau per 1000 kemunculan. Harganya bervariasi, tergantung dari target yang dibidik. Untuk target negara2 besar seperti Amerika, harga iklan akan lebih mahal dibandingkan target negara2 berkembang seperti Indonesia (bisa $0.5/klik iklan). Iklan di FB juga bisa diatur berdasarkan interest, umur, education, family status, dll. Jadi iklan bisa diatur akan ditampilkan ke siapa, dengan interest apa, umur berapa, dsb.

Nah, sekarang make sense kan?

Pilih suatu produk di Clickbank, lalu promosikan di FB sesuai dengan interest atau target yang dimaui. Saya melakukan trial di awal bulan ini, dan dengan spent untuk iklan sekitar $40, saya dapat komisi dari 5 sale di Clickbank sebesar $138.48.



Dua hari kemudian tercatat 2 sale lagi. Total komisi yang saya dapatkan $188 koma sekian. Not bad untuk budget iklan sebesar $40. Sounds easy. Tapi kenyataannya nggak segampang itu. Jika produk yang diiklankan nggak pas, atau nggak kena sasaran, maka bisa jadi pengeluaran untuk biaya iklan membengkak, tapi belum ada sale. Kalau sudah begitu, kuatirnya kena yang namanya "efek-judi". Kalau kalah, pengen main terus biar balik modal. Kalau menang, juga pengin main terus untuk memperbesar kemenangan. Karena biaya iklan sudah membengkak, maka iklan diteruskan biar ada sale buat nutup biaya iklan. Akhirnya malah spent iklan semakin besar. Jadi, untuk yang pengen nyoba eksploit internet semacam ini, saya sarankan agar ada mentor yg lebih pengalaman agar bisa lebih terarah dan terkontrol. Saya juga belum pengalaman, tapi kalau ada yang berminat untuk belajar lebih lanjut tentang metode eksploit internet clickbank ini, boleh pm saya.

Saya pribadi untuk sementara belum melanjutkan model eksploit internet clickbank ini. It works jika dijalankan dengan strategi yang tepat. Sementara mau fokus dulu bikin sebuah ebook untuk Kindle yang dikerjakan bareng seorang rekan. Sudah terlalu lama nggak rilis ebook baru di Kindle.



No comments:

Post a Comment