Tuesday, February 12, 2013

[Eksploit Internet] KDP rocks!

Mulai bulan ini, Februari 2013, saya memutuskan untuk secara rutin memposting earning yang saya dapatkan dari profesi sebagai internet exploiter (atau internet marketer istilah yang umum).
Nggak bermaksud untuk sok2an ato pamer... Cuma ingin men-sharing apa yang sudah, sedang dan akan saya kerjakan (as an internet exploiter). Kalo posting ini (dan posting2 berikutnya) bisa meng-inspirasi yg baca, saya ikut seneng. Syukur banget klo terus yg baca bisa action, saling tuker pikiran dan juga bisa dapet earning dari internet. Masak ya rupiah kita yang terus2an disetor ke luar negeri (lewat teknologi BB, iPhone, iPad, internet, dll). Mestinya $$ ya juga harus bisa masuk ke Indonesia...
Jadi, enam bulan ini, di sela2 waktu sebagai mahasiswa doktor, saya menyalurkan hobi nulis saya dengan jd penulis di Kindle Digital Publishing (KDP). KDP, sama seperti penerbit buku Elex ato Erlangga, dia menerbitkan buku. Bedanya, buku yg diterbitkan adalah buku digital dan bukan buku cetak. Alih2 dipajang di toko buku, buku digital KDP dipajang di website Amazon (departemen Kindle store). Pembeli bisa baca buku digital yg dibeli lewat Kindle device, iPhone, iPad, PC ato tablet.
Sejak saya submit buku digital pertama di bulan Juni 2012, hingga saat ini, earning tiap bulan terus naik, dan saya terus submit buku-buku baru. Setiap buku yang di-submit di KDP adalah aset yg bekerja 24x7 dan terus menerus menghasilkan passive income. Bulan Januari lalu, royalti yang saya dapatkan dari buku-buku digital saya di KDP tembus 4 digit.


Earning 4 digit per bulan adalah batas psikologis peralihan seorang internet exploiter dari newbie (pemula) menjadi selevel di atas newbie. Butuh waktu 6 bulan sebelum saya bisa naik level. I know, kliatannya earning-nya gede - apalagi untuk sesuatu yg dikerjakan secara part-time. Tapi dibandingkan internet marketer lain, earning itu masih kategori duit receh. Saya tahu persis ada banyak (ratusan!) internet marketer indonesia yg tiap bulan bisa earning 5 digit.
(Paradigma sebagian besar mahasiswa untuk dapet kerja sebagai pegawai setelah lulus mungkin sudah waktunya dirombak. Ada banyak peluang yang bisa didapetkan tanpa harus terikat kerja sebagai pegawai kantor. Saya sih berharap, ada semakin banyak fresh graduate yg enggan untuk menjadi pegawai dan lebih mau mengasah kreativitas dengan meng-eksploit internet. Kalo para fresh-graduate itu nggak lagi mau bekerja sebagai pegawai, maka demand pegawai akan semakin tinggi dan mereka yang mau mengorbankan waktunya dari jam 9-5, senin-jumat dengan menjadi pegawai HARUS dan PERLU dihargai dengan sebaik-baiknya lewat standard gaji yang baik - ini salah satu motivasi kenapa saya merasa perlu membuat serial posting exploit internet).
Catatan bulan lalu:
Bulan Januari lalu, saya sedikit melepas fokus di KDP. Saya dengan seorang rekan, mencoba untuk exploit internet dengan menjadi affiliate di salah satu online retailer. Intinya mempromosikan suatu produk. Untuk setiap sale yang terjadi dari link affiliate yang kami buat, kami mendapatkan komisi sekian persen dari total sale. Butuh waktu yang cukup banyak untuk belajar model bisnis semacam ini dan mencari strategi yang feasible untuk bisa kami kerjakan. Saya perlu membaca puluhan ebook,tutorial dan browsing di berbagai forum sebelum akhirnya memformulakan strategi yang kami pikir cukup feasible untuk kami kerjakan. Kami akan share strategi yang kami lakukan setelah kami mendapatkan earning dan yakin bahwa strategi kami cukup berhasil.

Memanfaatkan Youtube sebagai sarana marketing.
Tiga minggu lalu, saya juga melakukan coaching one-on-one ke seorang rekan yang tertarik untuk dengan menulis di KDP. Ada banyak yang tertarik, namun rekan ini yang bersedia untuk belajar dan action untuk menulis di KDP. Saya sharing pengalaman saya selama menulis di KDP, dan memberikan topik2 untuk ditulis. Dalam 3 minggu ini, sudah ada 2 buku digital yang telah disubmit di KDP - dan 1 lagi sedang dalam proses. Sejak pertengahan Januari hingga awal Februari (dari 2 buku digital), kami telah menghasilkan earning lebih dari $10. Saya sampaikan ke rekan ini, bahwa tidak banyak internet marketer pemula yang bisa mendapatkan earning dalam waktu kurang dari sebulan. Lalu, jika dia bisa submit 100 buku digital (yang jika serius dikerjakan "hanya" butuh waktu 6-8 bulan), maka earning $1.000/bulan bisa didapatkan secara recurrence (terus menerus selama Amazon beroperasi). 
Earning dari rekan yang baru 3 minggu terjun di internet marketing
Bulan ini, saya masih akan coba untuk menjajaki menjadi affiliate dengan menjalankan strategi yang kami formulasikan. Perkiraan saya, mungkin baru dalam 2 bulan kami sudah bisa mendapatkan earning. Moga2.

Rencana ke depan:
Ada beberapa ide yang ingin saya seriusi. Pertama, membuat theme CMS (Content Management System) dan memasarkan di sebuah komunitas. Saya nggak punya cukup waktu untuk belajar dan membuat sendiri dari 0. Karenanya saya coba join dengan rekan yang memang sudah punya pengalaman dalam pembuatan theme ini. Ada rekan yang bersedia untuk membuatkan Theme dengan sistem profit sharing 50-50. Rekan ini yang membuat Theme-nya dan saya memasarkannya. Sayang (lagi-lagi) saya masih belum punya cukup waktu untuk melakukan research Theme secara mendetail, tema2 apa yang dapat menarik pasar.
Yang kedua, membuat aplikasi Android yang dikhususkan untuk Kindle Fire. Seperti KDP, pasar aplikasi Android untuk Kindle Fire juga sangat besar. Saya ingin menjajaki pasar aplikasi Android ini - yang artinya, saya harus belajar (lagi) programming Java untuk bisa membuat aplikasi Android. Ah, I wish I had more time... (kalo ada rekan yg sudah punya pengalaman membuat aplikasi Android, it'll be good to work together).
Let's see in the coming months... Dan saya selalu terbuka untuk rekan-rekan (mahasiswa ato yang udah lulus) kalo ingin meng-eksploit internet dengan ide2 yang baru. 

4 comments:

  1. bisakah saya belajar langsung dari anda one by one, saya ingin sekali bisa menghasilkan lewat internet, apalagi dengan bikin ebook, saya suka menulis tapi butuh teman untuk support saya bagaimana dengan kemampuan dan modal minim kita bisa menghasilkan $ secara online, referensi sangat dibutuhkan dalam bidang apapun. Saya suka blog sederhana anda karena kualitas tulisan membuatnya bebeda.

    ReplyDelete
  2. Saya membuat ebook tentang Kindle publishing di http://www.exploitinternet.com/kndlcashin/ (berbayar). Mungkin bisa jadi referensi untuk memulai membuat ebook.

    ReplyDelete
  3. saya sudah gabung di kdp. Yang saya bingung adalah di bagian TAX nya, bisa tolong dibantu? terima kasih

    ReplyDelete