Friday, December 28, 2012

Catatan akhir tahun

Tahun 2012, tahun ke-2 saya di Jepang. Ada banyak (sekali) kejadian penting yang terjadi di tahun 2012 ini.
  • Bulan September, the first Swastika family was born in Japan. Saya resmi menjadi seorang papa untuk Hideaki Joshua Swastika. Senang dan sangat sangat bersyukur karena itu artinya Tuhan mempercayai kami untuk merawat dan membesarkan Hideaki. Tuhan tentu bisa menaruh "Hideaki" di rahim siapapun yang Dia mau. Tapi dalam kedaulatanNya, Dia memilih kami untuk merawat dan membesarkan Hideaki.

    Suatu ketika, ibu gembala gereja lokal kami mengatakan ke saya, "...punya anak itu anugerah Tuhan. Walaupun berusaha, kalau memang belum waktuNya, ya nggak jadi." Saya setuju. Semoga kami yang sudah diberi anugerah ini, bisa senantiasa berhikmat dan punya kekuatan untuk merawat dan membesarkan Hideaki. Amin.

    Anyway, seperti kata istri saya bahwa masa kecil Hideaki hanya terjadi sekali, setiap hari (sejak hari pertama kelahiran Hideaki) saya (atau istri saya) selalu mengambil 3-5 foto dan saya simpan di album pribadi. Foto yang diambil istri saya ini saya nobatkan sebagai foto terbaik Hideaki tahun ini, yang diambil di hari ke-77.

day 77
  • Bulan April tahun ini saya resmi jadi Ph. D student. Masih 2 tahun lagi sebelum resmi dapat gelar Ph. D, perjalanan masih panjang. Tapi, karena pada dasarnya saya suka belajar dan meneliti bidang biomedical engineering, saya tetap enjoy. Seingat saya, selama kuliah di Jepang, nggak pernah seharipun saya ogah2an datang ke lab, apalagi sampai bolos (kalo bolos kelas bahasa Jepang sih, sering). Setiap hari saya selalu semangat saat datang ke lab... Baca jurnal terbaru yang berhubungan dengan penelitian, coding, bikin presentasi, menulis progress report, menulis manuscript untuk disubmit di conference, menulis jurnal. Selalu ada kesibukan... tapi fun! Menyenangkan. Seandainya saya masih single, liburan akhir tahun ini pasti sudah saya habiskan di lab.

    Anggota Haneishi lab tahun 2012
  • Bulan Maret lalu, disela-sela kesibukan riset, saya "diam-diam" selingkuh. Bukan dengan cewek, tapi dengan yang namanya Internet Marketing. Saya lebih senang menyebut exploit internet. Intinya adalah mendapatkan income dari Internet. Mungkin banyak yang akan bilang, "Ah, klise... dari dulu juga udah ada kayak gitu2an, tapi hasilnya nol besar." Di Internet, ada banyak peluang, ada juga banyak jebakan. Kalau jalurnya salah, bisa jadi jebakan... Terutama yang tergiur dengan get-rich-quick-scheme atau skema-jadi-cepat-kaya. Model bisnis yang semacam ini yang lebih cocok dibilang "hasilnya nol besar" (kalo nggak malah minus). Saya lebih suka exploit internet dengan model bisnis yang jelas. Bukan spekulasi, taruhan, saham, lotere, atau semacam itu. Saya milih untuk jadi indie writer (atau jadi penulis independent). Ini salah satu model bisnis Internet yang jelas. Menulis buku, lalu bukunya dijual. Setiap kali buku terjual, penulis akan mendapat royalti.

    Tahun ini, untuk pertama kalinya saya menulis buku, yang dipasarkan di Amazon. Kalau di-search di Amazon.com, ada lebih 10 buku dengan nama "Windra Swastika" sebagai penulis. Semuanya ber-genre Japanese language (yang kebanyakan adalah catatan2 saya selama ngambil kelas bahasa Jepang. Sejujurnya Bahasa Jepang saya juga masih nggak gitu bagus2 banget. Tapi catatan2 itu - yang dikompilasi menjadi buku - akan berguna untuk mereka yang sedang belajar Japanese).

    Untuk buku-buku di luar genre Bahasa Jepang, ada lebih dari 10 juga (targetnya bisa nambah 30-40 judul lagi tahun depan). Saya menggunakan nama pena yang berbeda-beda. Aneh aja, kalo "Windra Swastika" yang sama menulis buku Bahasa Jepang, juga menulis buku tentang kehamilan, misalnya. Dua buku terbaru adalah buku ber-genre anak-anak yang saya buat bareng istri saya, "Tobby the tiny dinosaur" dan "Danny and the new egg". Keduanya menggunakan nama istri saya sebagai authornya.

    Buat saya, model bisnis Internet dengan menjadi indie writer semacam ini, jelas dan  bisa menghasilkan income dengan stabil secara pasif. Buku-buku itu seperti "pekerja-pekerja" yang terus menerus bekerja 24x7 dan menghasilkan income walaupun penulisnya sedang tidur ataupun jalan2. Masih ada banyak model bisnis di Internet yang belum (sempat) saya jajaki (I wish I had more time). Saya berusaha mencari partner yang punya banyak waktu luang untuk sama-sama mengeksploit internet... sudah ada beberapa, hanya masih belum bisa maksimal. Let me know if you (seriously) want to join.

    sale dari Amazon KDP
All in all, tahun 2012 ini adalah tahun dengan banyak pengalaman baru. Banyak kejadian yang akan menjadi titik balik untuk tahun-tahun ke depan. The year of increasing - sesuai dengan visi gereja lokal kami tahun ini.

Happy (coming) new year, everyone!



2 comments:

  1. interesting! how do you create e-books?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @J: seperti nulis buku pada umumnya... :) cari ide, baca referensi, kembangkan, beri nilai tambah... diendapkan beberapa hari/minggu lalu revisi dan publish. your "jkitchen blog" could be compiled into an ebook worth of hundreds dollar (if not thousands)! seriously.

      Delete