Mengurus Visa Korea di Jepang

Minggu ini, saya akan ke Korea (selatan) untuk presentasi poster di IFMIA (International Forum on Medical Imaging in Asia), tepatnya di Daejeon. Bagi warga negara Jepang, pergi ke Korea tidak memerlukan visa karena ada kerja sama bilateral. Sama seperti WNI yang pergi ke negara-negara ASEAN.

Awalnya saya pikir saya juga nggak perlu visa untuk ke Korea. Beberapa forum menyebutkan bahwa WNI bisa masuk ke Korea TANPA perlu visa. Namun itu hanya berlaku untuk pemegang passport biru (passport dinas). Sementara untuk rakyat biasa (seperti saya), visa Korea mutlak diperlukan untuk bisa masuk ke Korea.

Minggu lalu, saya mengurus visa Korea. Situasinya agak unik karena saya warga negara Indonesia, tinggal di Jepang dan mengurus visa untuk pergi Korea. Pengurusannya ternyata sederhana - tidak serumit ketika mengurus visa ke Amerika dulu. Cukup mengunduh formulir aplikasi visa di sini, isi dan bawa ke Embassy of South Korea di Tokyo. Biaya pembuatan visa sebesar 2400 yen dan jadi dalam waktu 2-3 hari kerja.

[Rute Embassy of South Korea]
Paragraf berikut ini sekedar catatan - just in case saya perlu mengurus visa ke Korea lagi, saya bisa membaca ulang bagian ini (dan semoga lokasinya nggak pindah2).

Stasiun terdekat dengan Embassy of South Korea adalah stasiun Azabu-juban (Tokyo Metro Uedo line atau Namboku line). Sesampai di Azabu-juban, cari exit gate #2. Dari exit gate #2, jalan lurus sekitar 700 meter. Bangunan yang dapat dijadikan patokan adalah Hotel Olympic Inn - dapat dilacak di peta yang terpampang di sekitar stasiun. Lokasi Kedutaan besar Korea sekitar 3 bangunan dari Hotel Olympic Inn. Bagian pengurusan visa ada di Lt. 3.

Untuk pengisian formulir, pastikan menyertakan alamat tujuan dan no. telpon dari alamat tujuan. Passport, foto ukuran passport dan Kopi registration card (KTP) juga dibutuhkan sebagai lampiran dari aplikasi pengajuan visa. Karena tujuan saya ke Korea untuk conference, maka lampiran email undangan untuk conference juga perlu disertakan. Pertanyaan standard seperti tanggal berapa berangkat, dalam rangka apa ke Korea, berapa lama ke Korea akan diajukan saat pengajuan aplikasi visa.

Setelah passport dan aplikasi diserahkan, petugas akan memberikan secarik kertas yang berisi kapan passport beserta visa dapat diambil. Sayangnya di kedutaan besar Korea ini nggak menyediakan layanan pengiriman untuk passport seperti di kedutaan Amerika.

Hari ini saya ke kedutaan besar Korea lagi, untuk mengambil passport yang telah ditempel visa Korea.

Capek di jalan.


Komentar

  1. Salam kenal mau tanya, saya ingin bertanya sebaliknya yaitu pembuatan visa jepang di korea. apakah sebelum mengajukan pembuatan visa kita harus melapor ke KBRI? Terima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga akan mengajukan visa sebaliknya, begimana ya hasilnya mas anonymous ? pengen tau penjelasan-nya.

      Hapus
  2. Saya kira prosedur-nya kurang lebih sama. Kita mesti mengisi aplikasi visa ke negara tujuan... Hanya syarat2 khususnya mesti dicek di kedubes.

    BalasHapus
  3. Sekarang saya posisi di korea, untuk pergantian visa saya harus keluar negri dulu. Sebaiknya apakah saya ke negara terdekat dr korea (jepang) atau kembali ke indonesia saja? Terimakasih.

    BalasHapus
  4. Saya kurang tahu bagaimana prosedur pergantian (memperbarui?) visa di Korea. Kalau di Jepang, untuk memperbarui visa, cukup ke kantor imigrasi (di Jepang) dan mengisi formulir perpanjangan visa.

    BalasHapus
  5. Visa aq ga bisa diperpanjang alias mati...jadi harus ganti di luar negri...maaf mas dulu visa korea selesai dalam waktu berapa hati ya...soalnya buat saya estimasi perjalanan...maaf merepotkan dan terimakasih

    BalasHapus
  6. salam kenal..
    thanks uda berbagi pengalamannya soal ini..emang susah banget cari referensi apply visa korea di jepang.
    saya mau tanya soal: "..ke Korea TANPA perlu visa. Namun itu hanya berlaku untuk pemegang passport biru (passport dinas).." apakah ini perlu syarat lain seperti coe ataukah hanya dengan berstatuskan p.dinas..bisa masuk korea tanpa visa?

    lalu untuk pengajuan visa korea (keluarga)..bisa diwakilkan oleh saya sendiri atau diharuskan datang? terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  7. @Asri: kalau tidak ada masalah, 2-3 hari bisa selesai,
    @Kiki: dari yg saya baca, kalau pemegang passport biru bisa langsung masuk begitu saja tanpa perlu mengurus visa. untuk pengajauan visa keluarga, saya kurang tahu apa bisa diwakilkan. waktu mengisikan formulir dan menyerahkan ke loket, ada semacam wawancara yang sepertinya harus ybs yang menjawab pertanyaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow,,terima kasih langsung dijawab..
      sukses terus!

      Hapus
  8. Halo mas saya mau tanya, rencananya saya akan berlibur di jepang selama 3bulan.. setelah itu mau langsung ke korea tanpa harus balik lg ke indo untuk urus visa... kira2 persyaratannya apa ya? Apakah sama? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @uthe: saya nggak yakin bisa diurus di jepang kalau ke jepang-nya adalah visa tourist. untuk mengurus visa korea, ada syarat untuk menyerahkan national ID jepang yg mungkin nggak bisa didapatkan bagi pemegang visa tourist. mungkin sebaiknya visa korea diurus waktu di indonesia.

      Hapus
  9. Dear mas Windra, kebetulan saya juga WNI yang menetap di Okinawa, Jepang, dan juga pemegang paspor biasa. Utk masuk kembali ke Jepang, apakah kita perlu apply re-entry permit ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama visa masih berlaku dan keluar jepang belum 1 tahun, nggak perlu re-entry permit mbak. Bisa langsung kembali tanpa mengurus visa atau re-entry permit.

      Hapus
  10. Halo Mas Windra, mau tanya utk pengurusan visa korea dari jepang, dokumen yg diperlukan cukup sperti yg ditulis di atas? Yg dmaksud dgn KTP apakah alien card? Kl utk bukti tiket pp korea-jepang dan fotokopi rek bank apakah diperlukan juga? Terima kasih banyak sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, KTP yg dimaksud adalah alien card. Sepengalaman saya, tiket pp atau kopi rekening bank tidak diperlukan. Tapi ada baiknya dibawa juga, siapa tau dibutuhkan.

      Hapus
  11. Malam pak, saya sdg exchange di fukuoka dan ingin jalan2 ke korea. Mau tanya, saya skg pegang visa student tapi kyknya yg single entry, dengan kondisi gini apa nanti perlu apply visa jepang lagi?
    Terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk visa student, sepertinya sudah nggak ada istilah single atau multiple entry. Kita bisa keluar/masuk Jepang tanpa ada batasan berapa kali (selama visa berlaku, dan lama kunjungan ke luar tidak lebih dr 1 thn). Jadi nggak perlu apply visa Jepang lagi.

      Hapus
  12. Pak, proses aplikasi visa korea di kedubes jepang di tokyo bisa diwakilkan oleh orang lain kah? terima kasih banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya harus yg bersangkutan sendiri yang mengurus.

      Hapus
  13. Halo mas windra..
    Tulisannya bermanfaat sekali. Terima kasih. Oia mas, saya mau tanya. Posisi saya di iwate, student. Nah.. Saya rencana mau ke korsel. Kira2 klo passport pas banget sisa 6 bulan menuju deadline gimana ya? Saya takut di reject sementara tiket pesawat sudah dibeli. Ada info atau cerita ttg ini kah, mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira visa ke korea-nya bisa diurus dulu mbak. Kalau pengurusan visa korea-nya lancar, berarti memang nggak papa walaupun visa jepang tinggal 6 bulan. Tapi kalau nggak boleh, ya mereka gak akan keluarkan visa dan meminta untuk memperpanjang terlebih dulu.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya, saya mau tanya.
      Saya mahasiswa yang seda belajar di Malaysia. Tepatnya di universiti kebangsaan Malaysia. Rencana saya mau bikin visa di kedubes korea yang berada di Kuala Lumpur. Apakah bisa? Atau saya harus ke jakarta dlu?

      Terima kasih

      Hapus
  15. Salam. Saya Nurul..
    Kondisi saya sedang ada short stay riset di jepang selama 2 bulan 2 hari (tapi visa saya 6 bulan), rencana dari jepang langsung ke korea untuk conference dan pulang ke indo.
    Apakah bisa apply visa korea di jepang?
    Apakah dengan kondisi saya di atas saya bisa dapat residence card jepang? Kalo iya, bagaimana ya cara urus disananya?
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  16. Maaf mas.mau tanya. Saya kenshusei mau ke korsel apa harus ngurus visa juga?

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Maaf mas mau nanya, wkt sayang bikin paspor setatus d ktp sayang kan lajang, trs sekarang sayang udah nikah, dan ktp kuga kan d perbarui sudah nikah, itu ngarung ngga mas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Charis National Academy (2)

Day care di Jepang dan keadilan sosial