[Movie] The Raid Redemption vs. Soegija

Ini tentang film.

Saya suka nonton film. Tapi sangat pilih2. Banget. Suka sebel kalo menghabiskan waktu 1.5-2jam nonton film, tapi ternyata film-nya gak bermutu, gak menginspirasi, ato gak jelas.

The Raid Redemption adalah salah satu film Indonesia yang beberapa pekan terakhir ini ditayangkan di Amerika. Memenangi beberapa awards international sebagai film terbaik. Film-nya "bagus". Tapi saya sangat NGGAK rekomendasikan untuk ditonton anak-anak ato cewek. Nggak sama sekali. Terlalu sadis dan vulgar. Ceritanya tentang penyerbuan tim khusus ke sebuah apartemen yang di dalamnya ada puluhan penjahat beringas yang dipimpin oleh seorang gembong narkoba sadis. Kisahnya jadi menegangkan karena satu per satu anggota tim khusus ini dibantai oleh penjahat-penjahat di dalam apartemen itu. Bagaimana perjuangan beberapa gelintir anggota tim khusus yang masih tersisa untuk bertahan hidup (atau malah sampe berhasil mengalahkan semua penjahat dalam apartemen) itu yang mungkin menjadikan film ini menarik. Adegan pertarungan disajikan secara keras, baik menggunakan senjata berapi, pisau, golok, atau tangan kosong. Jangan ditonton kalau tidak tahan melihat darah atau melihat adegan penyiksaan. Dan, film ini menjadi box-office top 20 di Amerika beberapa minggu terakhir ini. Beberapa negara seperti Australia, Singapore, Kanada, Jerman (dan juga Jepang)  membeli hak distribusi film ini untuk masuk dan ditayangkan di bioskop. (Film dengan adegan vulgar, tapi jadi box-office... What kind of society we live in? #wondering)

Film Soegija adalah film Indonesia yang saya rekomendasikan untuk SEMUA. Kisahnya mengambil setting tahun 1940-an, tentang Romo Mgr. Soegijapranata, seorang pribumi asli yang ditahbiskan menjadi Romo dan kemudian menjadi uskup agung (Anyway, Presiden Soekarno memberikan anugerah kepada beliau sebagai pahlawan nasional atas perjuangan kemanusiaan yang telah beliau lakukan selama pendudukan Belanda dan Jepang di Indonesia). 

Note that film Soegija BUKAN film dakwah yang bertujuan agar menyebarkan agama Katholik. Jauh dari itu. Sang sutradara, Garin Nugroho, bertujuan agar film ini bisa menjadi pendidikan karakter bagi bangsa Indonesia yang multi-kultur... Ada cerita tentang seorang tentara Belanda yang jatuh cinta dengan gadis pribumi, seorang gadis keturunan Tionghoa yang menjadi korban kerusuhan dan terpisah dengan keluarganya, dan banyak nilai-nilai kemanusiaan yang ditunjukkan di film ini. Teaser film Soegija yang berdurasi 6 menit lebih bisa dilihat di sini: http://www.youtube.com/watch?v=MWSdt3paIw8

Saya akan lebih bangga seandainya film Soegija ini yang menjadi box office di USA ketimbang The Raid Redemption yang sadis itu.

* image credit: http://filmindonesia.or.id/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Charis National Academy (2)

Mengurus Visa Korea di Jepang

Day care di Jepang dan keadilan sosial