(Kisah) Belajar Bahasa (Jepang) - part 3

Belajar bahasa membutuhkan kerja keras. Nggak bisa sekedar masuk kelas, mendengarkan guru menjelaskan, menghafalkan vocab dan mencontek pe-er teman, tiba2 bisa berbahasa dengan baik... Ada kerja keras lain yang dibutuhkan.

Beberapa hari ini, saya mulai mengubah metode belajar bahasa Jepang. Mungkin selama ini usaha saya belajar Bahasa Jepang kurang keras... Jadi saya mulai menambah porsi belajar saya. Dari yang awalnya hanya 100 menit per hari tatap muka dengan dosen, saya tambah 3-4 jam sehari dengan belajar secara mandiri. Seriously... Pulang dari Lab, sekitar jam 7 ato jam 8 malem. Sebenernya saya sudah capek... Tapi alih-alih istirahat, sambil nyiapkan makan malam, saya belajar... Sambil makan saya belajar. Selesai makan, saya lanjutkan. Beberapa hari ini, saya selalu menambah porsi belajar Bahasa Jepang di malam hari minimal 3 jam non-stop. Kemarin saya bahkan tidur jam 1 pagi.

Capek belajar keras kayak gitu? Jujur, kadang saya capek... Saya bahkan bisa nangis sendiri di tengah2 belajar. Di sini sendirian, struggling sendiri, berusaha ngerti bahasa jepang, tapi msih blom fasih juga... Walopun strategi belajar ini kliatannya berat, tapi saya akan berjuang... Kalopun harus nambah jadi 6 jam sehari, 7 hari seminggu, I'll do it. Kalopun saya harus kecapekan karena kurang tidur, I'll take it. Belajar bahasa butuh kerja kerjas, nggak bisa instan. Kalopun kerja kerasnya harus membuat kita berkorban waktu, pikiran, bahkan sampe harus meneteskan air mata, just do it. No pain no gain.

Saya menyebut metode belajar ini dengan sebutan: metode-tiap-malem-nonton-3-4-episode-drama-jepang-yang-romantis. Kisahnya kadang sangat menyentuh, sampai saya harus meneteskan air mata. Terharu dengan dramanya... (bukan karena capek belajar, hihi2...).


Komentar

  1. seriously?? drama Jepang?? ga heran kudu nyiapin ember segala utk tadah tangisnya... hehehe...
    semangat ya Pak Win !! selamat berjuang...dan cepet pulang ke Indo ya, kangen makan2 bareng dan berwisata bareng... :D

    BalasHapus
  2. orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan sukacita. Semangaaatt!!

    BalasHapus
  3. semua perlu pengorbanan. kebayang beratnya tinggal di negera orang yang kita ga ngerti bahasanya. bahkan di negara yang pakai bhs inggris pun (yg sudah dipelajari dari SMP) juga masih perlu adaptasi. 3-4 bulan pertama masuk kuliah ga ngeh dosen ngomong apa, lama2 bisa catch 30%...50%...70%...
    fervent in spirit (pakai semboyannya Hwa Ind!!!)
    Tak temeni, aku ya tiap malam nonton KD (Korea Drama) 4 seri sampai jam 12 mlm. :)

    BalasHapus
  4. yang kesulitan belajar bahasa bukan cuma bapak kok:).
    Ganbatte Windra-san...

    dari b*l*nd*

    BalasHapus
  5. @All: itu aslinya males belajar pake buku teks, jadi diganti metode belajar yang bisa sampe nangis2 bombay, yaitu nonton-sinetron... kalo pake buku teks, boro2 nangis bombai, ketiduran yang iya... hihi2... (mau ganti serial doraemon aja, biar nggak pake nangis2)

    BalasHapus
  6. PakWind, nonton nya ita surra na kiss gitu.. ato apa ya, film jepang yang bagus.. hana yori dango.. great teacher onizuka..

    Omong-omong, PakWind ada hobby baru selain blogging >> nonton film jepang.. ^^v

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Charis National Academy (2)

Mengurus Visa Korea di Jepang

Day care di Jepang dan keadilan sosial