Sunday, April 27, 2008

Suatu hari... dalam pikiran saya

Saya sedang berada di kamar saya... Lalu tiba2 ada seekor nyamuk yang terbang di depan mata saya dengan elegan-nya. Saya memperhatikan nyamuk itu selama beberapa detik... Membandingkannya dengan ukuran tubuh saya. Lalu saya menyimpulkan bahwa saya adalah makhluk hidup yang paling besar di kamar saya ini.

Tapi sesaat kemudian saya mengamati kamar saya. Saya baru sadar, ternyata kamar saya cukup lapang. Seandainya ada 10 orang di dalam kamar saya, rasanya kamar saya masih muat juga. Kamar saya besar, tapi...

Tapi tunggu... kamar saya ini terletak di dalam rumah saya... Dulu rumah saya pernah dipake rapat RT dan 30 orang masuk ke dalam rumah. Hmm... ternyata kamar saya not that big dibandingkan dengan rumah saya (apalagi dibandingkan dengan nyamuk tadi). Tapi...

Sebentar... rumah saya ada di kota malang. Kota Malang ini terdiri dari puluhan ribu atau ratusan ribu rumah. Tiba2, rumah saya yang muat 30 orang itu jadi tampak kecil... Kota Malang besar ya...? Masa?

Malang tidaklah terlalu besar... Malang berada di Pulau Jawa. Ada ribuan kota di pulau Jawa. Dibandingkan Jawa, Malang tentu hanya sebuah titik. Pulau Jawa sangat besar (terutama dibandingkan dengan ukuran tubuh manusia). Is it?

Pulau Jawa ternyata hanya sebuah pulau yang ada di Indonesia. Ribuan pulau yang lain tercatat di Indonesia... Juga dengan kota2 di dalamnya. Indonesia begitu luas dengan ribuan pulau... Tapi tunggu!

Tunggu, Indonesia hanya sebuah negara yang terletak di sebuah benua yang disebut Asia. Ada benua lain seperti Amerika, Eropa, Afrika, dan Australia yang di dalamnya ada ratusan negara... Dan ke lima benua itu ada di bumi... Indonesia jadi nampak kecil dibandingkan dengan bumi... What a big earth! Really...?

Bumi ternyata hanya sebuah planet dalam sistem tata surya, yang mengelilingi matahari. Ukuran matahari jauuuuhh lebih besar dari bumi. Seberapa besar? Kalau matahari dapat dipecah2 dengan ukuran yang sama, maka pecahannya bisa membuat 200 buah planet bumi! Besar sekali matahari itu... Hei, are you sure??

Matahari ternyata adalah sebuah bintang. Beberapa waktu lalu, ketika saya dalam perjalanan pulang dari Pujiarjo di malam hari, saya melihat ke langit dan memperhatikan ratusan bintang... Jarak bintang2 itu jutaan tahun cahaya sehingga mata saya dapat menangkapnya dalam bentuk kerlipan yang indah. Matahari, hanya salah satu dari bintang tersebut. Tiba2 matahari menjadi nampak kecil dibandingkan ratusan bintang yang ada. Jawabnya tentu adalah galaksi. Galaksi tempat menampung bintang2 itu pastilah besaaaar sekali... Betapa besarnya galaksi Bima Sakti yang bisa menampung ribuan bintang, termasuk bumi ini... Benarkah?

Galaksi Bima Sakti hanya sebuah galaksi. Somehow, the scientists manageto know that the universe contains lot of galaxies. Alam semesta ini, terdiri dari banyak galaksi dengan ribuan bintang di dalamnya. Dalam pikiran saya, tiba2 galaksi bima sakti nampak kecil dibandingkan alam semesta... Wah... Tidak diragukan... betapa besarnya alam semesta ini. Tiba-tiba saya merasa sangat kecil dibandingkan alam semesta ini - bagaikan sebutir debu... Wow, alam semesta... Tidak ada yang lebih besar lagi. Tapi...

Wait a minute...! The Creator must be lot BIGGER than the universe. Yang mencipta, JAUHHHHH lebih besar dari ini semua. DIA meletakkan alam semesta ini dalam kuasaNya.

Yet, dalam kebesaranNYA itu, DIA mengasihi manusia, mengasihi saya... Dalam kebesaranNYA, DIA memperhatikan saya... menunggu saya dengan setia untuk datang kepadaNYA setiap hari lewat daily devotion... Strengthen me with HIS WORDS when I'm down. Dalam kebesaranNYA, HE still loves me with unconditional love... I'm trembling when I'm thinking how big HE IS dan how small we are, and yet HE still loves and takes care of us. Isn't that beautiful? Tuhan yang dengan segala kebesaranNYA mengasihi kita dengan kasih yang tak bersyarat...

Lalu semuanya jadi make sense... Ketika hadiratNYA begitu kuat saya rasakan dalam my daily devotion, lewat penyembahan atau ibadah, many times saya akan mengangkat tangan saya as my adoration to HIM, I can't stand anymore... many times saya terjatuh, kneel down, bow down dan menangis... Make sense... Saya sedang berhadapan dengan PRIBADI yang sempurna, kasih yang SEMPURNA... Saya sedang merasakan HIS PRESENCE, merasakan hadiratNYA, merasakan kemuliaanNYA, merasakan kasihNYA, merasakan kebesaranNYA yang mengatasi alam semesta... Tidak ada satu manusiapun yang bisa tahan ketika berhadapan dan mengalami HIS PRESENCE... Di saat2 seperti itu, most of the time, all of a sudden, my faith is built, no fear anymore, no worry anymore... No matter how big the problems are, how hard the pressure is... I know that God will always strengthen me and take care of me - as long as I keep my faith in HIM.

Tell me, with HIS GREATNESS, above the universe, what problem could have been harder? The more I know God, the more I feel HIS presence, the more I witness HIS GREATNESS... Life is not that hard after all.

No comments:

Post a Comment