Tuesday, November 20, 2007

Abundance World...!

Ada topik yang lagi hot di discussion forum Universitas M* C*. Seorang anak melontarkan topik:

"eh ada yang tau gak cara cari duit yang cepet ? :)"
Lalu, ada anak TI yang jawab pake bahasa C:
--------------------
lu cari aja tukang bakso atao sejenis nya lah.
public class CariDuit
{
Static public void main(String[] args){
(kalo bisa lu jangan sendiri ya minim lu ngjak temen 3-4 orang(kalo ada anjing lu bawa aja sekalian))
Jangan lupa lu bawa benda - benda yang bisa memicu ketakutan tukan bakso ato sejenisnya tadi.
Trus 1 temen lu suruh kesasar ato ngajak ngobrol si tukang jualan tadi, nanyai masalah keluarganya, dah brapa lama kerja, minta kerjaan ke dia dsb.
Nah yang 3 "efek mengendap2" langsung aja siap-siap buat sprint ambil ndorong tuh orang punya grobak. (di sini gw tekanin lu cari temen yang punya kekuatan lebih dlm hal berlari sambil bawa beban)
kalo dah berhasil lu bawa thu grobak lu jualan deh n_n key ...
}
}
(^.^)v pissss....
NB : kalao ketangkep hubungi dokter
--------
Haha2... kreatif!
Lalu muncul ide yang macem2... Ada yang nawarin MLM, ngasi les, jadi pengemis, sampe pesugihan.
Buat aku, yang diperlukan cuman mengamati sekeliling, lalu ciptakan peluang. Contoh:
Dulu ada pegawai kantor yang ngamati di kantornya itu ada banyak kertas berserakan, gak rapi... Lalu dia mikir-mikir gimana cara meng-organisasi kertas-kertas tersebut. Muncullah sebuah ide alat yang digunakan untuk menyatukan kertas-kertas tersebut. Dalam waktu beberapa bulan, pegawai kantor tersebut mencetak jutaan dolar lewat alat ciptaannya yang disebut dengan... STAPLER. (Henry R. Heyl, 1877). Kreatif kan?
Taon 2003 lalu, ada orang punya ide untuk bikin perkumpulan sosial dunia maya. Nggak begitu banyak yang mau gubris ide-nya karena terlalu umum dan gak jelas untungnya dapet dari mana... Bulan Maret 2003, situs itu dilaunching, dan 7 bulan kemudian, Google.com mau beli situs itu seharga USD $30Juta tapi nggak dikasi... Terang aja nggak dikasi, lha wong sekarang aja pendapatan per bulan situs itu udah USD$1-$3Juta dan diperkirakan sekarang harganya adalah USD $150-$350Juta. Situs itu punya nama... FRIENDSTER.COM. (Jonathan Abrams, 2003). Kreatif kan?
Beberapa taon lalu, ada orang yang nggak suka sama PDAM (kita ngomong air di Indonesia ya). Kotor, jadinya kalau diminum kurang sehat. Lalu dia punya ide jualan air bersih untuk minum. Semua bilang dia orang gila... Masak jual air di Indonesia? Kalau di Arab ya percaya, tapi kalo di Indonesia, mana laku?? Setahun kemudian, dia sudah punya pabrik air minum dengan omzet miliaran rupiah per bulan. Nama pabriknya adalah AQUA! (Tirto Utomo, 1973). Kreatif kan?
Kalo contohnya terlalu muluk, sekarang yang nggak muluk-muluk deh...
Di dekat kampus universitas B* (dilarang sebut merek), ada anak muda yang nggak lulus SMA. Nggak bisa sekolah karena nggak ada biaya. Lalu dia pinjem duit 2jt dari sana sini. Sekarang utangnya sudah lunas dan dia bisa dapet penghasilan 3jt sebulan. Dari jam 6 sore sampe jam 10 malem, dia mangkal di deket kampus Univeritas B* itu. Apa yang dilakukan? Dia jualan... Barang dagangannya punya nama ROTI BAKAR BANDUNG! (Joko - bukan nama asli - 2006). Kreatif kan?
(1 roti = 5.000, profit = 2.500, 1 hari = laku 40 roti - kalo rame bisa laku 80 roti, 1 hari = 100.000 - kalo rame 200.000, 1 bulan = 3jt - 4jt, nah loe, gaji dosen kalah ma anak yang nggak lulus SMA!)
See? Yang dibutuhkan itu ternyata cuman ide kreatif untuk memanfaatkan apa yang ada di dunia ini. Karena dunia ini bukan dunia yang kekurangan, tapi dunia yang amat sangat berkelimpahan... Tuhan itu sama sekali nggak pelit... Waktu DIA ciptakan dunia ini, dunia ini dijadikannya BERKELIMPAHAN (abundance), DIA naruh batu bara, air, minyak bumi, emas, berlian, tanaman... you mention it! Dari situ, manusia secara kreatif mengolahnya sampe jadi SEMUA BENDA yang sekarang bisa kita nikmati (TV, mobil, komputer, rumah, pakaian, kertas, apapun!).
Artinya apa? Dunia kita ini dunia yang berkelimpahan... No shortage, no scarcity. MSNBC pernah melakukan survei bahwa tahun 2005 lalu millionaire di Amerika (mereka yang punya kekayaan di atas USD $1Jt) bertambah 700.000 orang (artinya rata-rata setiap menit ada millionaire baru). Bloomberg Television mensurvei jumlah millionaire di Asia ada... 2.3jt orang! Dan 80% dari orang-orang itu adalah self-made millionaire! (bukan dari warisan). Dan survei itu bisa diteruskan dengan bukti-bukti bahwa ada jutaan manusia bisa punya first USD $1jt walopun dulunya mereka nggak punya apa-apa. Pertanyaannya dari mana mereka mendapatkan USD $1jt itu? Apakah berarti ada orang yang kehilangan USD $1juta? Nggak!! Mereka dapet ya dari dunia yang emang berkelimpahan ini. BERKELIMPAHAN...!!
Jadi... Kesimpulannya, Tuhan sama sekali bukan Tuhan yang pelit. Setuju?

No comments:

Post a Comment