Wednesday, July 11, 2007

Buffet vs Restaurant

Definisi dari buffet:

* A counter or sideboard from which food and drink are served or may be bought.
* Food laid out in this way, to which diners serve themselves.

(Sumber: wikitionary.org)

Ok, aku jelaskan dengan definisiku ndiri.

Buffet (menurut versi Windra):
Kamu bayar sekali dengan harga tertentu, kamu boleh makan makanan apapun yang disajikan, kamu boleh makan sebanyak yang kamu mau. Peringatan: buffet tidak direkomendasikan untuk mereka yang sedang diet...

Kalo di restoran yang biasa, kamu mesti pesen dulu. Lalu nunggu sementara makanan yang kamu pesen tersebut dimasak... Sementara menunggu makanan tersebut, kamu bisa menikmati orkestra yang dibawakan oleh cacing di perut kamu. Semakin lama kamu nunggu, biasanya orksetranya semakin kenceng. Ketika makanan sudah disajikan, kamu boleh berdoa dulu lalu meminta dengan hormat kepada para pemain orkestra tersebut untuk menghentikan permainannya (yang sama sekali nggak enak buat didengar). Setelah selesai makan, tentu kamu harus minta tagihan dan bayar. Ini adalah bagian yang paling penting sodara, kalo kamu nggak pingin dilempar piring bekas bekas makanan kamu tadi oleh pemilik restoran, maka ya harus bayar. Jelas ya?

Jadi, knapa aku nulis tentang beda buffet and restoran? Apa aku lagi laper?? Ya, sekarang lagi laper, soalnya di kantor udah jam 5 sore... untungnya tadi dibekali roti ma mami... haha2... jadi bener2 kayak anak TK... Brangkat kerja dibawain roti... Ok, where was I? Oh, ya... buffet dan restoran.

Lalu, kalo aku nanya kamu... mana yang kamu suka? Cara makan buffet ato resto? Sekali bayar lalu bisa menikmati SEMUANYA ato... kamu pesen dulu, lalu makan sesuai dengan pesanan km dan bayar juga sesuai dengan pesananan. Makin banyak yang kamu pesen, tagihan makin gede... Jadi pas pesen gitu, mesti bener2 disesuaikan dengan uang yang dibawa.

Jujur ajah, aku jaoh lebih seneng makan secara buffet ketimbang resto biasa. Kalo di buffet, gak pake lama... gak pake nunggu... Sekali masuk, udah bisa milih en makan apa aja sepuasnya. Lega kan rasanya? Gak perlu mikirin apa2 lagi. Tinggal comot sana, comot sini... Sekali bayar, bisa bebas makan sepuas2nya... Tapi ya itu... mesti bayar dulu man... Bayarnya murah nggak? Biasanya sih mahal... Lebih mahal ketimbang makanan di restoran... Tapi ada kebebasan milih dan makan sepuasnya itu yang bikin beda...

Okeh, jadi ini semua tentang apa?

Ini tentang hidup kita, friends... Ketika kamu udah gede, ketika kamu udah punya tanggung jawab atas dirimu sendiri, ketika kamu memutuskan segala2 udah untuk kepentingan kamu... itulah saatnya kamu milih antara buffet ato restoran. Nggak nyambung??

Banyak orang milih untuk jadi tipe "restoran biasa". Mereka punya banyak keinginan dan mimpi. Mereka pingin punya banyak waktu untuk keluarga mereka. Mereka berharap punya mobil mewah, punya rumah di kawasan elit. Mereka berharap punya banyak uang di rekening bank. Mereka berharap punya lifestyle yang menyenangkan, bisa berlibur ke mana pun mereka mau... Tapi ternyata itu cuman wishes... Mereka harus ngeliat kondisi keuangan mereka sebelum mereka bisa memenuhi keinginan dan mimpi mereka. Sama kayak makan di resto tadi. Rasanya seh, kepingin aja bisa order ini itu. Bisa makan ini itu. Tapi terus karena ngeliat kondisi keuangan yang pas2an, akhirnya ya cuman milih2 seperlunya. Harus nahan keinginannya untuk bisa makan ini itu... So sad... Menyedihkan emang, tapi kenyataannya banyak orang yang ada di posisi ini... (jujur aja, termasuk aku sekarang).

Bagaimana dengan buffet? Gak banyak emang orang yang sudah masuk di kelompok buffet ini. Sekali bayar bisa menikmati semuanya. Orang2 yang ada klub buffet ini, bisa pergi kemanapun mereka mau. Bisa punya apapun yang mereka pinginkan. Bisa punya waktu buat keluarga mereka sebanyak apapun yang mereka mau... (inget konsep buffet yang sekali masuk lalu bisa menikmati semuanya). Cuman, yang namanya buffet, ya berarti ada tiket yang mesti dibeli dulu friends... Gak ada buffet gratisan... Mesti bayar dan bayarnya mahal. Tapi sekali bayar... u can enjoy whatever u want... Nice, ah?

Aku nggak pingin menghabiskan hidupku dengan hidup di tipe "restoran"... Nggak punya kebebasan milih... Aku pingin masuk dalam buffet, aku perlu beli tiket buffet... Dan, ya... harganya mahal... Tiket buffet untuk kehidupan ini harganya mahal banget friends... Kalo nggak mampu beli, ya sori... nggak ada pilihan selain hidup di tipe restoran yang serba terbatas.

Seberapa mahal harga tiket buffet? Harganya: kamu mesti bekerja dengan lebih keras dan lebih lama ketimbang yang dilakukan oleh orang2 "tipe restoran". Kamu mesti belajar lebih banyak ketimbang yang dipelajari oleh orang2 "tipe restoran". Kamu mesti tidur lebih sedikit ketimbang orang2 "tipe restoran". Kamu mesti punya ketangguhan yang lebih gede ketimbang orang2 "tipe restoran". Itulah besarnya harga tiket buffet. Tapi asyiknya, ketika tiket itu udah di tangan... Welcome to the buffet club... Pasti legaaaaa rasanya. I'll do whatever it takes to get the ticket. It's not a choice... It's a must... dan aku akan bayar dengan lunas kalo udah waktunya.

Tapi pertanyaan terakhir, di mana alamat penjual tiket buffet? Kalo kamu udah ngelakukan apapun agar bisa beli tiket buffet, tapi kalo nggak tau di mana yang jual tiket, gimana bisa beli? Ya nggak? Jadi sia2 dunk apa yang udah dikerjakan...

I have several addresses... you can contact me if you need... hehe2...

No comments:

Post a Comment