Tuesday, August 29, 2006

... dan aku resmi jadi dosen

"Drrtttt... drrrttt..."
HP-ku adalah hp paling pendiam sedunia. Kata Esther pendiam kayak yang punya. Dan Amanda sering jengkel kalo SMS-nya lamaaa banget baru dibales gara2 aku nggak denger. (Esther dan Amanda adalah pemeran figuran di blog ini, jadi lupakan saja).

"Drrttt... drrrttt..."
Walopun nggak pake nada dering apapun, tapi suara vibrate-nya bisa didengar dan dirasakan... terutama kalo vibrate-nya tepat di-samping bantal yang aku pake buat tidur.

"Drrttt... drrrttt..."
Baru jam 4 pagi aku tidur karena mesti blajar en ngerjakan tugas2 kuliah, dan skarang jam 9 pagi udah ada yang nelepon.

"Drrttt... drrttt..." - "Angkat Win... itu dari Pak RT" - Suara hati yang gagal membuat aku mengangkat telepon.

"Drrttt... drrttt..." - "Angkat Win... itu dari Pak Peni, walikota Malang... dia mau ngasih kamu proyek" - Siapa peduli?

"Drrttt... drrttt..." - "Angkat Win... Teleponnya udah disambung ke Presiden SBY, beliau nunggu kamu" - Bukannya jalan tol ke Sby lagi kena tergenang lumpur? (nggak nyambung)

"Drrttt... drrttt..." - "Win... pleasee angkat" - HP-ku udah mulai stress karena aku bahkan nggak mau ngeliat siapa yang nelepon...

"Drrttt... drrttt..." - "Ok Win... Ini dari the-girl-who-still-remain! Jawab skarang ato kamu akan nyesel slamanya"

"Halo...! Slamat pagi!"
"Halo... Pagi, dengan Pak Windra ya...?"
Aku langsung tau kalo suara itu bukan suara the-girl-who-still-remain. Lagian the-girl-who-still-remain nggak mungkin manggil aku dengan sebutan "Pak Windra". Dasar!
"Oh, iya bener..."
"Ini dari universitas K**..."
"oh... iya, ada perlu apa?" [heran]
"Saya disuruh oleh Pak K** untuk menyampaikan bahwa ada rapat koordinasi pengajar besok, jam 12 di gedung K**. Bapak bisa datang?"
"Rapat...? Itu rapat apa ya mbak?" [nggak nyambung]
"Rapat koordinasi... Bapak diminta oleh Pak K** mengajar beberapa mata kuliah jurusan TI untuk semester ini."
"Ooo... Jadi mbak ini dari universitas K**?"
"Iya benar..."
"Dan mbak disuruh Bapak K** untuk menghubungi saya?"
"Iya benar..."
"Dan saya harus datang ke gedung K** besok?"
"Iya benar..."
"Acaranya rapat K**?"
"Iya benar..."
"Besok itu hari K** ya mbak?"
"Iya benar..."
"Ok, terakhir Mbak... Mbak namanya pasti diawali huruf K!"
"Loh, kok Pak Windra tau? Saya kan belom mengenalkan diri..."

***

Universitas K** adalah universitas yang baru membuka jurusan Teknik Informatika 3 tahun yang lalu. Ketuanya, Bapak K** adalah dosen waliku waktu aku kuliah S1 dulu. Orangnya baik dan rendah hati. Aku respek dan kagum banget sama beliau, terutama karena beliau termasuk salah satu dosen yang hafal namaku... Beberapa minggu lalu, aku ketemu ma Pak K** di Brawijaya ketika aku lagi nunggu jam kuliah berikutnya. Ternyata Pak K** juga ngambil master di Brawijaya, tapi kami tidak satu jurusan. Beliau ngambil jurusan Administrasi Niaga sedangkan aku milih jurusan ABG, Arjosari-Borobudur-Gadang, mikrolet yang bisa mengantar aku pulang. Lalu kami ngobrol2.

Dia nanya2 tentang kegiatanku.
Aku juga nanya2 tentang kegiatan beliau.

Dia nanya2 tentang kuliahku.
Aku juga nanya2 tentang kuliah beliau.

Dia nanya apa aku mau ngajar sebagai dosen di universitas K**.
Aku juga nanya apa beliau mau ngajar sebagai guru di SMAK S**.

Jelas beliau nggak mau. Lalu aku bilang kalo dosen tetap yang harus ngantor dari Senin sampe Sabtu, aku nggak mau. Aku lebih seneng kalo jadi dosen luar biasa (dosen yang datang kalo ada kelas saja, dan nggak perlu duduk diam di kantor setiap hari). Kata Pak K** nggak masalah. Beliau seneng kalo aku bisa bantu ngajar di sana walopun bukan sebagai dosen tetap... Dan sebagai formalitas, aku diminta untuk mengirimkan lamaran ke beliau... Surat lamaran pekerjaan maksutnya, bukan melamar beliau.

***

Dan bulan ini, akhirnya aku resmi menjadi seorang dosen dengan status "dosen luar biasa"- dosen yang nggak perlu ngantor setiap hari dari Senin sampai Sabtu, persis seperti yang aku inginkannya sejak dulu. Kegagalan menjadi dosen luar biasa seperti yang pernah diposting di sini (wawancanda), ternyata bukan akhir dari segalanya. Emang bener... Yang penting kita harus stay focus ke tujuan kita, kayak yang aku tulis di sini (the power of focus). Mesti percaya bahwa kita punya potensi luar biasa yang bisa dikembangkan (person of potential). Pasti nanti yang the-best akan kita dapetkan... Setuju ya?

[buat Pak K**, thanks pak untuk kepercayaannya menyerahkan mata kuliah VB.Net serta mata kuliah Testing & implementasi kepada saya. Ini adalah dua mata kuliah yang "muantaaaappp" dan bikin mabuk mahasiswanya]

No comments:

Post a Comment